Sunday 18 July 2010

Manfaat Som Jawa (Talinum paniculatum (jacq.) Gaertn)



Tanaman apakah ini??
Pasti tidak asing buat kita orang jawa...di daerahku ini disebut gingseng (gingseng ala jawa maksudnya)...
Ternyata, ada khasiat yang terkandung dalam tanaman Som Jawa (Talinum paniculatum (jacq.) Gaertn) ini.


Deskripsi

Habitus : Herba, menahun, tinggi 70 – 80 Cm,
Batang : Bulat, bercabang di bagian bawah, pangkal mengeras, ungu
Daun : Tunggal, bulat telur, ujung membulat, pangkal tumpul, tepi rata, hijau.
Bunga: Majemuk, bentuk malai, diujung, bercabang, Mahkota lima, bulat telur panjang 3- + 4 mm, benangsari lima sampai lima belas, tangkai bercabang, merah keunguan.
Buah : Kotak, bulat , merah kecoklatan atau kuning.
Biji : Pipih, kecil, hitam.
Akar : Tunggang, coklat.

Sejarah Som Jawa

Som Jawa (Talinum paniculatum (Jacq) Gaertn) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropis yaitu Amerika Tenggara dan Selatan, yang tumbuh pada ketinggian 5 – 1.250 m diatas permukaan laut. Di Jawa ditanam sebagai tanaman tanaman obat, tanaman hias dan kadang – kadang merupakan tanaman liar. Som Jawa adalah terna tahunan yang tumbuh tegak, akarnya berdaging tebal, biasa dipergunakan sebagai pengganti Kolesom. 

Som Jawa merupakan salah satu tanaman obat yang akar dan daunnya mempunyai banyak khasiat sebagai obat tradional. Akarnya dapat digunakan sebagai tonikum, aphrodisiac/obat kuat, batuk-batuk, radang paru-paru, diare, haid tidak teratur, keputihan dan dapat memperbanyak ASI. Sedangkan daun segarnya dapat dipergunakan sebagai lalapan, sayur tumis, memperlancar ASI, untuk obat bisul dan pembengkakan (anti radang).

Pernyataan tentang marphologi akar tersebut sangat mirip dengan ginseng (Panax ginseng atau panax pseudo ginseng), yang baerasal dari China dan telah digunakan secara luas untuk obat lemah syahwat. Tanaman panax ginseng telah dikenal di zaman dinasti Cho Chi Klu, 2000 tahun sebelum masehi dan dikenal sebagai Panasea, yaitu tanaman obat untuk segala macam penyakit.

Sehubungan dengan berbagai manfaat tersebut, maka tanaman ini dapat dikatakan memiliki peluang untuk diluncurkan sebagai salah satu produk obat tradisional andalan ataupun produk minuman anggur kolesom. Selama ini simpliasia Som Jawa aman dikonsumsi dan khasiatnya tersebut terbukti benar lewat pengujian ilmiah.

Tanaman Som Jawa dapat dikembangkan di pekarangan atau didalam pot, mengingat tanaman ini mudah diperbanyak secara vegetatif dan sifat tanaman relatif cepat petumbuhannya. Pengembangan tanaman Som Jawa pada lahan pekarangan secara tumpangsari dengan bernagai jenis tanaman mampu memberikan kontribusi terhadap pendapatan petani, pemeliharaan kesehatan keluarga, industri obat tradisional dan keperluan lainnya. Sedangkan untuk pola budidaya tanaman pot ataupun pola TOGA di pekarangan juga masih diterapkan, yang sewaktu – waktu daunnya dapat dimanfaatkan untuk sayur atau obat luar.

Untuk memperoleh khasiat yang optimal dari bahan akarnya diperlukan tanaman minimal berumur 7 bulan sampai lebih dari satu tahun, sedangkan untuk kebutuhan daun segar dapat dipanen pada tanaman berumur 3 sampai 6 bulan.

Manfaat Som Jawa

Akar Som Jawa dapat dimanfatkan:
- Sebagai tonikum, yang dapat dimanfaatkan pada kondisi badan lemah, berkeringat dingin dan pusing.
- Aphrodisiak (obat kuat).
- Batuk dengan dahak dan darah, radang paru - paru.
- Diare, banyak kencing.
- Haid tidak teratur, keputihan.
- Air Susu Ibu (ASI) sedikit.

Daun Som Jawa dapat dimanfaatkan:
- Sebagai obat bisul dan memperlancar Air Susu Ibu (ASI)

Kandungan kimia

Kandungan kimia terutama saponin, flavonoid, tamin dan steroid (Kalium 41,44 %, Natrium 10,03 %, Kalsium 2,21 %, Magnesium 5,50 % dan Besi 0,32 %). Mungkin diantara kandungan kimia akar talinum paniculatum Gaertn mempunyai peranan seperti androgen/testosteron didalam tubuh sehingga mempengaruhi jumlah dan motilitas spermatozoa. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengaruh infus akar Talinum paniculatum Gaertn terhadap jumlah dan motilitas spermatozoa.

No comments:

Post a Comment