Sunday 29 August 2010

Bunga/Kembang Desember di Rumah

Berada di ujung Desember seperti telah menapaki kisaran waktu sepanjang tahun, mengumpulkan serpihan cerita yang berserak, mengkaitkan setiap indah, senyuman, tawa-canda, teguran, dan mungkin tangisan. Menyentuh sudut-sudut hidup yang kadang meruncing, menyusun mosaik-mosaik hidup yang kadang terpatahkan oleh keadaan, atau terlena dalam keindahan warna hidup yang menawan.... semua akan terpadu apik dalam suatu jalinan cerita yang terajut sepanjang tahun dengan pola yang telah disiapkan oleh Dzat yang  maha suci, Illahi Rabbi. Dalam sebuah pola sempurna yang terkadang menjadi sebuah rahasia yang tak terungkap hikmahnya, dan terkadang terasa sulit memaknainya hingga datang masanya dan membuat tertegun, terpesona seperti ketika melihat sekuntum bunga indah yang mekar di antara rerimbunan semak di pekarangan rumah....Bunga Desember

Pada musim kemarau herba ini mengalami masa dorman , hanya berupa bonggol umbi yang bersembunyi di dalam tanah sehingga kadang keberadaannya tidak dihiraukan. Mulai tumbuhnya Bunga Desember kadang dijadikan tanda masuk awal musim penghujan, karena umbi yang tertanam dalam tanah akan tumbuh menjadi tumbuhan tingkat tinggi yang sempurna mengikuti tetesan air hujan yang ada, sekitar bulan November dan Desember tumbuhan ini  memekarkan daun serta bunganya. Karena mekar bunganya berada disekitar bulan Desember maka tumbuhan ini biasa disebut Bunga Desember nama ilmiahnya adalah Haemanthus multiflorus. Setelah berbunga akan diikuti tumbuhnya daun-daun baru dan tanaman akan rimbun serta berreproduksi menghasilkan anakan-anakan baru selama musim penghujan. Secara alami dormansi herba ini terjadi pada musim kemarau, dimana dia harus mengurangi penguapan dengan menggugurkan daun-daunnya. Pada awal musim hujan berikutnya herba ini akan memekarkan bunganya yang indah, didominasi warna merah terang dan berbentuk seperti bola sehingga ada yang menamakannya dengan Blood Lily atau ada juga yang menyebutnya dengan Powderpuff Lily.

Bunga Desember tingginya hanya berkisar 30-90 cm, memiliki batang semu yang tidak  terdiferensiasi seperti layaknya tumbuhan tingkat tinggi, dan berwarna hijau muda. Daun Bunga Desember berwarna Hijau muda sampai hijau tua,termasuk daun tunggal dengan pola pertulangan daun membentuk pola sejajar.  Daun berbentuk lanset dengan ujung runcing serta memiliki pangkal tumpul. Permukaan daun mengkilap pada bagian atas dan bawah dan tepi daun rata. Panjang daunnya berkisar antara 25-30 cm. Sedangkan lebar daunnya berkisar antar 3-10 cm.

Bunga Desember memiliki bunga majemuk berbentuk payung,dengan 1 tangkai bunga yang bundar agak pipih panjangnya kurang dari 50 cm dengan diameter berkisar antara 6-20 mm. Pangkal mahkota pada masing-masing bunga saling berdekatan. Pangkal mahkota berbentuk corong dan panjang sekitar 10 cm dengan bintik coklat kemerahan.  Mahkota bunga berbentuk jarum berwarna merah. Benang sari melengkung keluar, panjang tangkai sari sekitar 2-5 cm dan berwarna merah tua sedangkan kepala sari berwarna merah kekuningan. Bakal buahnya berbentuk elips sekitar 0,5 cm.
 
Buahnya berwarna hijau, berbentuk kotak membulat, tiap kotak berisi satu biji.Bentuk biji seperti ginjal dengan panjang sekitar 1 cm, berwarna hitam kecoklatan, dengan 1 kotiledon sehingga termasuk tumbuhan monokotil.

Bunga Desember memiliki bonggol umbi yang berlapis lapis, dengan akar serabut bewarna keputihan dan akan dorman sepanjang kemarau.Beberapa sumber menyebutkan bahwa umbinya mengandung saponin dan flavonoid yang berhasiat sebagai obat luka bakar.Selain itu juga mengandung polifenol yang bersifat aktif membunuh kuman penyebab infeksi pada luka bakar.

Berdasarkan berbagai sumber antara lain Wikipedia menyebutkan bahwa klasifikasi Bunga Desember adalah sebagai berikut....

Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi     : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas        : Liliidae
Ordo                : Liliales
Famili              : Amaryllidaceae (suku bakung-bakungan)
Genus              : Haemanthus
Spesies            : Haemanthus multiflorus

sumber : http://kunrobitoh.blogspot.com/2012/12/bunga-desember.html

No comments:

Post a Comment